PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PRAKTIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA SMK BERBASIS ANDROID DI SMK 45 WONOSARI

Danu, Ristianto (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PRAKTIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA SMK BERBASIS ANDROID DI SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Danu Ristianto.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model aplikasi penilaian praktik mata pelajaran produktif siswa SMK berbasis android; (2) mengetahui kelayakan penilaian praktik mata pelajaran produktif siswa SMK berbasis android. Desain penelitian menggunakan metode Research and devolepment (R&D) dengan prosedur pengembangan penelitian antara lain: (1) analisis meliputi analisis kebutuhan software dan hardware; (2) desain meliputi desain model data, desain arsitektural, desain prosedural dan desain interface; (3) kode meliputi persiapan lingkungan pengembangan, implementasi interface program; (4) tes/pengujian menggunakan standar ISO 25010 meliputi pengujian functional suitability, compatibiity, usabiity dan performance efficiency. Sumber data/subjek penelitian yaitu 5 guru pengampu mata pelajaran produktif SMK 45 Wonosari untuk pengujian usability, 2 orang ahli untuk pengujian functional suitability dan dokumentasi menggunakan situs Monkop untuk mengetahui hasil pengujian compatibility dan performance efficiency. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, studi literatur dan instrumen penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa aplikasi penilaian praktik mata pelajaran produktif dikembangkan untuk digunakan pada smartphone android yang memiliki menu penilaian, daftar jurusan, daftar kelas, daftar siswa, daftar mapel, daftar kompetensi, komponen penilaian, petunjuk, tentang dan menu keluar. Uji kelayakan menggunakan empat aspek ISO 25010. Hasil pengujian pada aspek functional suitability mendapat persentase sebesar 100% termasuk kategori sangat layak. Pada aspek compatibility mendapatkan persentase 100% termasuk kategori sangat layak. Pengujian usability mendapatkan persentase 82,8% dengan kategori sangat layak. Hasil pengujian performance efficiency aplikasi dinyatakan cukup baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi penilaian layak digunakan guru untuk menilai praktik mata pelajaran produktif SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aplikasi, ISO 25010, research and development, waterfall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56344

Actions (login required)

View Item View Item