PENGARUH LATIHAN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR PASSING-STOPPINGBERMAIN SEPAKBOLA

Mahatmasari, Povian Yona (2018) PENGARUH LATIHAN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR PASSING-STOPPINGBERMAIN SEPAKBOLA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi latihan dalam bermain sepakbola, sehingga menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam melakukan passing-stopping yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan latihan sepakbola empat gawang terhadap kemampuan gerak dasar passing-stopping bermain sepakbola peserta didik SMP N 2 Mlati. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik putra SMP N 2 Mlati kelas VII yang berjumlah 16 anak. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing-stopping dengan papan pantul. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan sepakbola empat gawang terhadap kemampuan gerak dasar passingstopping bermain sepakbola peserta didik putra kelas VII SMP N 2 Mlati. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 2,625 dan rerata pretest sebesar 15,31, hal ini menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 17,14% untuk kemampuan passingstopping bola dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sepakbola empat gawang, passing-stopping
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:13
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56337

Actions (login required)

View Item View Item