PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD SEKARSULI BANTUL

Febriawan, Sony (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD SEKARSULI BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sony Febriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Sekarsuli Bantul. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yaitu pada bulan Oktober-Desember. Subjek penelitian siswa kelas V SD Sekarsuli yang terdiri dari 22 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada pratindakan 46,36% (kategori rendah), siklus I 59,09% (kategori tinggi), dan siklus II 72,27% (kategori tinggi). Selain itu, keterampilan membaca pemahaman juga meningkat. Nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat dari pratindakan sebesar 56,73 (kategori cukup), nilai rata-rata pada siklus I sebesar 77,27 (kategori baik), dan nilai rata-rata pada siklus II 79,36 (kategori baik). Kata kunci: membaca pemahaman, CIRC, SD Sekarsuli.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56330

Actions (login required)

View Item View Item