FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG

Hardiningrum, Rikha Setyati (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rikha Setyati Hardiningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa banyak siswa yang pasif saat mengikuti pembelajaran yang berakibat banyak nilai yang diperoleh kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Atas dasar permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang yang berjumlah 368 siswa dan diambil sampel sebanyak 191 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik berjumlah 65 butir pernyataan yaitu skala psikologis. Uji validitas dan reliabilitas melalui SPSS 23 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah sebesar 82,14% meliputi cita-cita aspirasi siswa, kemampuan belajar siswa, dan kondisi jasmani dan rohani siswa. Faktor ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah sebesar 92,45% meliputi kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis belajar, dan upaya guru membelajarkan siswa. Kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56329

Actions (login required)

View Item View Item