LAPORAN INDIVIDU MAGANG III TERINTEGRASI DENGAN MATAKULIAH PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING( PLT )

Nahrul Pintoko Aji, Nahrul Pintoko Aji (2017) LAPORAN INDIVIDU MAGANG III TERINTEGRASI DENGAN MATAKULIAH PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING( PLT ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NAHRUL PINTOKO AJI_FMIPA_P. MATEMATIKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Magang III terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY merupakan Mata Kuliah praktik 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1. yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan UNY sebelumnya. Termasuk Mata pengalaman belajar sebelumnya adalah kuliah pengajaran mikro yang salah satunya bertujuan untuk memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah/lembaga. Pengalaman siswa dalam bidang pembelajaran tersebut dapat melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan-permasalahan sekolah/lembaga terkait dengan pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan nonmengajar. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, atau layanan di lembaga. Praktik Lapangan Terbimbing ini dilaksanakan di SMP N 3 Sentolo dimulai dari tanggal 15 september 2017 sampai dengan 15 november 2017. Praktikan melaksanakan praktik mengajar pada kelas VIIIA dan VIIIB. Materi yang diajarkan oleh guru sudah sampai materi nilai fungsi untuk kelas VIIIB dan sampai pada materi persamaan garis lurus untuk kelas VIIIA walaupun belum sampai akhir bab. Oleh karena itu praktikan melanjutkan materi nilai fungsi dan dilanjutkan memulai materi persamaan garis lurus untuk kelas VIIIA. Untuk kelas VIIIB praktikan memulai materi pada bab persamaan garis lurus hingga selesai dan ulangan harian yang dilaksanakan hari kamis tanggal 9 November 2017. Kegiatan praktik mengajar di SMP N 3 Sentolo secara umum berjalan dengan baik. Hal ini mendukung misi jurusan Pendidikan Matematika UNY untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika untuk mendukung proses pembelajaran , profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap matematika dan pendidikan matematika. Pihak sekolah, guru pembimbing, siswa, dan praktikan dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat tercipta alur kerja yang teratur serta suasana kondusif dalam pelaksanaan belajar mengajar. Praktikan mendapat manfaat yang banyak sesuai dengan tujuan PLT oleh LPPMP. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar. Timbul apresiasi warga sekolah SMP N 3 sentolo dengan adanya kegiatan PLT ini. SMP N 3 Sentolo memiliki karakter dan kemampuan belajar yang homogen. Kecepatan siswa menangkap materi yang diberikan di dalam kelas berbeda-beda. Tak jarang bahwa siswa yang baru mendapatkan penjelasan dan sudah memahami, ia sudah lupa ketika ketika pembelajaran berakhir. Akibatnya ketika dilakukan evaluasi berupa ulangan harian, siswa tidak bisa mengerjakan dengan lancar. Nilai hasil ulangan harian tidak bisa maksimal. Untuk kelas VIIIB yang telah menyelesaikan pembelajaran materi persamaan garis lurus, hanya terdapat 3 orang siswa yang lulus dalam ulangan harian. KKM ulangan harian siswa adalah 75. Selanjutnya perbaikan nilai ulangan dilakukan oleh guru mata pelajaran karena praktikan telah selesai melaksanakan PLT. Untuk kelas VIIIA ulangan harian belum dilaksanakan karena belum selesainya materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, Magang III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Mar 2018 02:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56323

Actions (login required)

View Item View Item