LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING( PLT )

Martha Ardy Nugraha, Martha Ardy Nugraha (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING( PLT ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MARTHA ARDY NUGRAHA_FIK_PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

KegiatanMagang III terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY merupakan Mata Kuliah praktik 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1. yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan UNY sebelumnya.Termasuk Mata pengalaman belajar sebelumnya adalah kuliah pengajaran mikro yang salah satunya bertujuan untuk memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah/lembaga. Pengalaman siswa dalam bidang pembelajaran tersebut dapat melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan-permasalahan sekolah/lembaga terkait dengan pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan non mengajar. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, atau layanan di lembaga. Praktik Lapangan Terbimbing ini dilaksanakan di SMP N 3 Sentolo dimulai dari tanggal 15 september 2017 sampai dengan 15 november 2017. Praktikan melaksanakan praktik mengajar pada kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF. Materi yang diajarkan oleh guru yaitu materi atletik nomor jarak pendek, permainan bola kasti, permainan sepakbola, atletik nomor senam lantai, atletik nomor lompat jauh, permainan bola basket. Kegiatan praktik mengajar di SMP N 3 Sentolo secara umum berjalan dengan baik. Pihak sekolah, guru pembimbing, siswa, dan praktikan dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat tercipta alur kerja yang teratur serta suasana kondusif dalam pelaksanaan belajar mengajar. Praktikan mendapat manfaat yang banyak sesuai dengan tujuan PLT oleh LPPMP. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar. SMP N 3 sentolo memiliki karakter dan kemampuan belajar yang homogen. Kecepatan siswa menangkap materi yang diberikan di dalam kelas berbeda-beda. Tak jarang bahwa siswa yang baru mendapatkan penjelasan dan sudah memahami, ia sudah lupa ketika ketika pembelajaran berakhir. Akibatnya ketika dilakukan evaluasi berupa ulangan harian, siswa tidak bisa mengerjakan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, Magang III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Mar 2018 02:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56321

Actions (login required)

View Item View Item