LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

SHAFIRA DYAH AKHSANTI, SHAFIRA DYAH AKHSANTI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Shafira Dyah A.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bidang SMP adalah satu bidang yang menjadi tugas utama yang harus diselesaikan dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah, dimana struktur organisasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo telah ditetapkan, yang meliputi seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter SMP, yang menangi dan menyelesaikan berbagai macam kebutuhan dan pengembangan siswa SMP. Sementara perihal program yang dijalankan, adalah satu kinerja yang dilakukan oleh seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter SMP yang mengurus juknis dari pelaksanaan kegiatan yang menjadi bentuk tanggung jawab setiap kabupaten di Indonesia dalam hal pendidikan. Kegiatan tersebut adalah terselenggaranya perlombaan demi memacu semangat dan perubahan yang lebih baik, yakni perlombaan dalam bidang pendidikan, yakni Olimpiade Sains Nasional. Dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada Microsoft Office yang yakni Miscrosoft Access , sehingga dalam melakukan pengolahan ulang dilakukan dari hasil pendataan peserta OSN yang telah diselenggarakan pada beberapa bulan yang lalu. Hasil dari program pengambangan database tersebut, adalah adanya kemudahan dalam pendataan ulang pelaksanaan lomba tersebut. Dari tahap awal memang sekolah-sekolah di 12 kecamata di Kulon Progo dimohon untuk mengirimkan biodata asecara lengkap untuk seluruh peserta OSN, dan juga pas photo. Sehingga pendataan ulang tersebut lebih dimudahkan dengan adanya bantuan form yang diisi oleh peserta. Pada awalnya memang rekap hanya ditulis ulang pada Microsoft Excell yang kemudian akan lebih mudah dengan menambahan foto peserta, yakni dengan aplikai Microsoft Access. v Dan manfaat dari hasil program pendataan ulang atau rekapitulasi dari pelaksanaan Juknis OSN yang terdiri dari lima cabang IPA, IPS, dan MATEMATIKA tersebut akan memudahkan seksi PDPK memiliki arsip tersendiri yang bisa dijadikan laporan akhir dari pelaksanaan OSN tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik dan Pengembangan Karakter SMP.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Mar 2018 08:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56305

Actions (login required)

View Item View Item