PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA

Fauzani, Ratna Ainun (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ratna Ainun Fauzani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PJOK, guru kelas tinggi dan siswa. Objek penelitian yaitu pembelajaran PJOK yang menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter kerjasama meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman yang dimiliki guru PJOK maupun guru kelas terkait pendidikan karakter masih belum mendalam. (2) Perencanaan pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran PJOK yang dilakukan sudah lengkap. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran PJOK sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang ada. Siswa dapat melaksanakan kerjasama dengan baik disebabkan adanya kegiatan dalam wujud permainan yang dilakukan pada setiap pembelajaran.(4) Evaluasi pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran PJOK menggunakan penilaian autentik. (5) Faktor pendukung pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran PJOK berasal dari: siswa, guru, kepala sekolah, dan pemerintah, sedangkan faktor penghambatnya berasal dari: orang tua, teman bermain, dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Kerjasama, Pembelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56304

Actions (login required)

View Item View Item