PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BROSOT KECAMATAN GALUR

Ambaswari, Nida Shafiya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BROSOT KECAMATAN GALUR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nida Shafiya Ambaswari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Brosot. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model NHT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan driil and practice. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk guru dan siswa, soal tes, dan dokumen hasil belajar. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 83,85 berada pada kategori hasil belajar baik lebih tinggi satu tingkat dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 69,88 yang berada pada kategori hasil belajar cukup. Didukung hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 0,575>0,193. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III semester II SD Negeri Brosot, Kecamatan Galur tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56296

Actions (login required)

View Item View Item