PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI CLAPAR KOKAP KULON PROGO

Putra, Indika Candra Dwi (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI CLAPAR KOKAP KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Indika Candra Dwi Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media gambar siswa kelas II SD N Clapar Kecamatan Kokap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Clapar yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pada pembelajaran berbicara guru membagi kelas menjadi kelompok kecil. Selanjutnya guru membagikan satu buah gambar pada masing-masing kelompok. Siswa mengamati gambar dan kemudian menuliskan deskripsi dari hasil pengamatan gambar tersebut. Setelah semua siswa selesai menulis, secara bergantian siswa maju untuk bercerita mengenai hasil pengamatan gambar yang diberikan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas siswa yang temasuk dalam kategori baik pada siklus I dengan persentasi 63,33% meningkat pada siklus II menjadi 78,7% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari segi hasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada pratindakan 67,33 meningkat menjadi 71,11 pada siklus I dan meningkat menjadi 76,11 pada siklus II. Kata kunci: keterampilan berbicara, media gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56293

Actions (login required)

View Item View Item