ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA TERINDIKASI LAMBAN BELAJAR DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGO

Okfianto, Eko (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA TERINDIKASI LAMBAN BELAJAR DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
EKO OKFIANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang menyebabkan siswa terindikasi lamban belajar di kelas II A dan II B SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo, pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive yang meliputi 2 guru, 1 siswa kelas II A, 1 siswa kelas II B, dan orang tua dari kedua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakor genetik dan kondisi keluarga GS dan EG tergolong baik, sehingga tidak menyebabkan GS dan EG terindikasi lamban belajar. Faktor biologis non keturunan menyebabkan EG terindikasi lamban belajar, faktor ini berkaitan dengan kebutuhan gizi, konsumsi obat, serta kesehatan ibu selama mengandung. Faktor lingkungan keluarga GS dan EG tergolong baik, dan tidak menyebabkan siswa terindikasi lamban belajar. Faktor lingkungan sekolah GS dan EG tergolong baik, serta tidak menyebabkan siswa terindikasi lamban belajar. Faktor masalah pribadi menyebabkan GS dan EG terindikasi lamban belajar. Saran untuk guru, sebaiknya memberikan pendampingan personal kepada siswa supaya bisa memahami dan menyelesaikan masalah yang dimiliki siswa. Saran untuk orang tua, sebaiknya sering berkomunikasi dengan guru untuk supaya bisa ikut serta menyelesaikan masalah yang dimiliki siswa. prang tua juga bisa mendaftarkan siswa untuk mengikuti bimbingan belajar. Jika tidak terjadi peningkatan dalam waktu tertentu, orang tua bisa memindahkan siswa ke sekolah inklusi, supaya siswa bisa mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Kata kunci: faktor penyebab, lamban belajar, SD Negeri Percobaan 4 Wates

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56292

Actions (login required)

View Item View Item