MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD NEGERI GEMBONGAN, SENTOLO, KULON PROGO

Pangestika, Diah Rizqi (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD NEGERI GEMBONGAN, SENTOLO, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Diah Rizqi Pangestika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II SD Negeri Gembongan, Sentolo, Kulon Progo Tahun Ajaran 2017/2018 melalui metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Gembongan, Sentolo, Kulon Progo yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 17 siswa putra dan 6 siswa putri. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan penyajian tabel dan persentase. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 75. Kemudian, skor pada aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II SD Negeri Gembongan, Sentolo, Kulon Progo. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan meningkatnya partisipasi aktif guru dalam pembelajaran menggunakan metode bermain peran dari 78% hingga mencapai 91%. Sedangkan, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran menggunakan metode bermain peran dari 73% menjadi 85,71%. Peningkatan hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siklus I dan siklus II sebesar 8% yakni sebanyak 19 siswa (83%) menjadi sebanyak 21 siswa (91%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 23. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 7,29 yaitu dari 81,91 menjadi 89,2. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56291

Actions (login required)

View Item View Item