Vitriani, Desti (2018) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS II SDN SERUT GEDANGSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.
Text
Desti Vitriani.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Serut, Gedangsari Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan model Quantum Teaching. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Serut, Gedangsari, Gunungkidul. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Serut yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan sintaks TANDUR yang menggunakan teknik pembelajaran bervariasi dan memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Serut. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan model Quantum Teaching, nilai rata-rata meningkat dari 65 menjadi 93 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21% menjadi 100%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 97,28 dengan ketuntasan belajar tetap 100%. Kata kunci: quantum teaching, hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 07:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56289 |
Actions (login required)
View Item |