PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V-B SDN SINDUADI 1 TAHUN AJARAN 2017/2018

Abidin, Faiz (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V-B SDN SINDUADI 1 TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Faiz Abidin.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V-B SDN Sinduadi 1 tahun ajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN Sinduadi 1 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keaktifan Belajar PKn siswa meningkat setelah diberi tindakan. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) meningkatkan semua indikator Keaktifan Belajar PKn siswa. Keaktifan Belajar PKn siswa yang ditingkatkan meliputi lima indikator yaitu: kerjasama dalam kelompok, mengeluarkan pendapat / bertanya, menanggapi pendapat siswa lain, menjawab pertanyaan serta partisipasi dalam pembuatan laporan dan presentasi. Seluruh indikator keaktifan Belajar PKn telah mencapai Kriteria Keberhasilan Tindakan yaitu setiap siswa memperoleh jumlah skor yang telah diolah mencapai persentase rata-rata lebih dari 75%. Peningkatan persentase Keaktifan Belajar PKn siswa berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 70,1% menjadi 81,7% pada siklus II. Ketercapaian Keaktifan Belajar PKn siswa secara individu pada siklus II telah mencapai lebih dari 75%. Ketercapaian Keaktifan Belajar PKn siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi pada siklus I mencapai 61,2% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87%. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatf tipe Group Invesigation (GI), Keaktifan Belajar PKn,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56287

Actions (login required)

View Item View Item