PENGARUH LATIHAN FARTLEK TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN PARU JANTUNG PESERTA BADMINTON DI PB ELANG YOGYAKARTA

Irianto, Novian (2018) PENGARUH LATIHAN FARTLEK TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN PARU JANTUNG PESERTA BADMINTON DI PB ELANG YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PENGARUH LATIHAN FARTLEK (NOVIAN IRIANTO).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti pada peserta badminton di PB Elang Yogyakarta, masih banyak pemain yang memiliki daya tahan paru jantung rendah. Variasi latihan untuk peningkatan daya tahan paru jantung cenderung monoton. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka peneliti memilih untuk melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh latihan fartlek terhadap peningkatan daya tahan paru jantung peserta badminton di PB Elang Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tidak murni. Penelitian ini dilakukan dengan subjek yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes daya tahan Vo2Max. Untuk menganalisis data menggunakan Uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai uji-t antara pretest dan posttest Latihan Fartlek terhadap daya tahan aerobik yang memiliki nilai t hitung - 5,197, p = 0,000, karena p < 0,05 maka ada peningkatan yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata, maka diperoleh nilai rata-rata pretest = 34.24 dan nilai rata-rata posttest = 35.91, karena nilai rata-rata pretest lebih besar dari nilai rata-rata posttest maka terjadi peningkatan daya tahan aerobik sebesar = 1,67 atau 4,88 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan Fartlek, Daya Tahan Paru Jantung.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Mar 2018 08:31
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56260

Actions (login required)

View Item View Item