PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK FISIKA BERBASIS GASING UNTUK MENINGKATKANPENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Susilaningrum, Noviana and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK FISIKA BERBASIS GASING UNTUK MENINGKATKANPENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar peserta didik , (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi kinematika gerak parabola menggunakan lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing, (3) mengetahui besar peningkatan minat belajar peserta didik pada materi kinematika gerak parabola menggunakan lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI IPA semester 1 SMA N 1 Gamping tahun 2017/2018. Pada tahap define, merencanakan lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing sebagai bahan ajar di SMA untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar peserta didik. Tahap design, merancang lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing. Tahap develope, validasi produk oleh validator ahli dan praktisi dan uji coba produk dengan menggunakan desain PTK 1 siklus dengan pembelajaran kolaboratif bersama dosen pembimbing, guru fisika, teman sejawat dan peserta didik. Tahap desiminate, penyebarluasan produk lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing hasil pengembangan. Data penelitian ini adalah penilaian, observasi, dan saran perbaikan produk lembar kerja peserta didik fisika dari validator. Data penelitian ini dijaring melalui pretest dan posttest, angket, dan lembar observasi. Telah dihasilkan produk bahan ajar lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar peserta didik SMA yang layak digunakan. Bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan skor gain 0,42 dalam kategori sedang. Selain itu, lembar kerja peserta didik fisika berbasis gasing mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan skor gain sebesar 0,13 dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Fisika, Penguasaan Materi, Minat Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 21 Mar 2018 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56259

Actions (login required)

View Item View Item