PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP

Fajriyanto, Amri (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Amri Fajriyanto 14601241036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar individual terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli, (2) perbedaan hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli antara yang memiliki tingkat motor educability tinggi dan motor educability rendah, (3) pengaruh interaksi antara gaya mengajar dan tingkat motor educability terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 1 Sewon dan SMP Negeri 3 Sewon. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 di SMP Negeri 1 Sewon dan SMP Negeri 3 Sewon dengan jumlah 36 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variable: (1) variable independent yakni gaya mengajar (resiprokal dan individual) (2) variable atribut yakni motor educability dan (3) variable dependent yakni hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli. Seluruh data penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran. Instrumen motor educability diukur menggunakan IOWA Brace Test dan hasil belajar passing atas permainan bolavoli diukur dengan Braddy Volleyball Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar individual terhadap hasil belajar passing atas permainan bolavoli, terbukti dari nilai p = 0,003 < 0,05, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar passing atas antara yang memiliki tingkat motor educability tinggi dan motor educability rendah, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0,05, dan (3) ada interaksi antara gaya mengajar dan tingkat motor educability terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli, terbukti dari nilai p = 0,021 < 0,05. Kelompok peserta yang memiliki tingkat motor educability tinggi tepat jika dilatih menggunakan gaya mengajar resiprokal, sedangkan kelompok peserta yang memiliki tingkat motor educability rendah tepat jika dilatih menggunakan gaya mengajar individual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar, Motor Educability, Hasil Belajar, Passing Atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:15
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56256

Actions (login required)

View Item View Item