PERAN HUMAS DALAM MEBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA

Danisa Maharani Saleh, DMS (2018) PERAN HUMAS DALAM MEBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
14. SKRIPSI_DANISA MAHARANI S_13802241065.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta dan hambatan-hambatan dari pelaksanaan peran humas di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Komunikasi Publik dan 2 orang Pranata Humas Seksi Hubungan Masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data ditentukan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta sebagai berikut: (1) Peran humas sebagai penghubung komunikasi antara organisasi dengan masyarakat yaitu: penyampaian informasi kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta, kegiatan Pemerintah Kota Yogkarta, laporan keuangan, himbauan-himbauan wabah penyakit, pencapaian atau prestasi Kota Yogyakarta, serta informasi darurat bencana di Yogyakarta yang ditujukan kepada masyarakat. (2) Peran humas sebagai pembina hubungan antara organisasi yang diwakilinya dilakukan dengan kerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan rekan media wartawan. (3) Peran humas sebagai pendukung fungsi manajemen organisasi yaitu humas menjalankan kegiatan melakukan proses penemuan fakta (fact finding) dan proses pengkomunikasian (communicating) untuk dijadikan bahan pertimbangan kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta. (4) Peran humas sebagai pembangun dan pencipta citra positif organisasi yaitu dengan memberikan pelayanan secara terbuka kepada masyarakat. Hambatan humas yaitu (1) Terbatasnya jumlah sumber daya manusia (SDM) humas. (2) Humas kurang dalam melakukan koordinasi kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait. (3) Penyelesaian keluhan dan aduan lama untuk terselesaikan. (4) Humas belum melakukan komunikasi dua arah sehingga umpan balik dari masyarakat belum terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Humas, Pelayanan
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56254

Actions (login required)

View Item View Item