PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP MATA PELAJARAN MAIL HANDLING DI SMK NEGERI 4 KLATEN

Putri Ratnasari, PR (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP MATA PELAJARAN MAIL HANDLING DI SMK NEGERI 4 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
10. SKRIPSI_PUTRI RATNASARI_12402241058 (3).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: 1) persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten, 2) minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten, dan 3) persepsi siswa tentang kinerja guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 102 siswa kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 81 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pedan dengan jumlah 35 responden. Uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunkan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 53,9% ditunjukan dengan harga koefisien determinasi r^2 (x1y) sebesar 0,539, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 54,4 % ditunjukan dengan harga koefisien determinasi r^2 (x2y) sebesar 0,544, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 64,6 % ditunjukan dengan harga koefisien determinasi r^2 (xy) sebesar 0,646. Sumbangan efektif persepsi siswa tentang kinerja guru sebesar 31,88 % minat belajar sebesar 32,72%, sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa tentang kinerja guru, minat belajar siswa, prestasi belajar siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56248

Actions (login required)

View Item View Item