AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN KULON PROGO BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU

Arrumadewi, Yosi Titriasari (2017) AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN KULON PROGO BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB III)
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB V)
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada guru kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Kulon Progo berdasarkan pemanfaatan jenis sumber informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan September-Desember 2016. Populasi penelitian meliputi guru-guru IPA SMP Negeri yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus yang diperoleh 30 orang guru IPA sebagai subjek sasaran/responden dari 9 SMP yang tersebar di kabupaten Kulon Progo. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan. Aktualisai pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pemanfaatan jenis sumber informasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah disusun oleh Bambang Subali, dkk., tahun 2016. Pengumpulan data utama pada penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner serta wawancara sebagai data pendukung dan untuk teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa pada aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya sebagian besar guru baik guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi ≥ 3 maupun guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi < 3 mengajarkan dan menilai metode ilmiah aspek kehidupan di kelas yang diampu. Ditinjau dari pemanfaatan jenis sumber informasi bahwa pemanfaatan jenis sumber informasi dinilai kurang berpengaruh dalam aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi, pemanfaatan jenis sumber informasi, pembelajaran dan penilaian metode ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56245

Actions (login required)

View Item View Item