PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI ALUMNI SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII 2 DI SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN

Lawita Sondang, Pertiwi Limbong (2018) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI ALUMNI SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII 2 DI SMK NEGERI 1 TAPIN SELATAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LAWITA SONDANG PERTIWI PERTIWI L_11520244014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memudahkan pengguna pada proses pendataan alumni dengan mengembangkan sistem informasi alumni sekolah di SMK Negeri 1 Tapin Selatan, (2) memenuhi standar kualitas dengan melakukan pengujian sistem informasi yang dikembangkan berdasarkan standar dari WebQEM dalam aspek functionality, re liability, usability dan efficiency. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah waterfall. Pengujian kualitas sistem dilakukan berdasarkan standar kualitas WebQEM. Pengujian functionality dilakukan oleh 2 orang ahli pemrograman menggunakan instrumen fungsionalitas sistem, pengujian reliability menggunakan tools WAPT, pengujian usability menggunakan kuesioner USE dengan jumlah responden 30 orang, dan pengujian efficiency menggunakan GTMetrix. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) Sistem Informasi Alumni Sekolah di SMK Negeri 1 Tapin Selatan yang dikembangkan menggunakan framework Yii 2 memiliki fitur yang memudahkan pengguna, (2) sistem yang dikembangkan memenuhi standar kualitas dengan hasil dari pengujian aspek functionality menyatakan seluruh fungsi berjalan dengan baik, pengujian aspek reliability memperoleh persentasi keberhasilan lebih dari 95%, pengujian aspek usability mendapatkan persentase hasil sebesar 89%, dan pengujian aspek efficiency menghasilkan nilai rata-rata Pagespeed adalah 91.3% dan Yslow adalah 84.6% yang menunjukan sistem ini telah memenuhi seluruh kriteria kualitas berdasarkan WebQEM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: framework yii 2, R&D, sistem informasi alumni, WebQEM
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56217

Actions (login required)

View Item View Item