AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU

Akmalitasari, Pungki (2017) AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru mengenai aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul berdasarkan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dan dilaksanakan pada bulan September 2016 hingga Desember 2016. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP di Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian adalah 30 guru IPA sebagai subjek responden yang berasal dari 14 SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul yang ditentukan dengan sensus. Instrumen penelitian berupa angket yang disusun oleh Bambang Subali (2016), pengisian angket dan wawancara kepada guru, serta wawacara kepada peserta didik sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan. Aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pengalaman mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul yang ditinjau berdasarkan pengalaman mengajar guru memiliki aktualisasi yang baik dalam mengajarkan pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilainnya pada kelas VII, VIII, dan IX. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat keterkaitan antara pengalaman mengajar guru dengan pendapat guru mengenai aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi, pembelajaran metode ilmiah, pengalaman mengajar guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56208

Actions (login required)

View Item View Item