KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH KALIBAWANG

Handoko Tri Saputra, HTS (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH KALIBAWANG. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
88. HANDOKO T. S._SKRIPSI_P.ADP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah Kalibawang. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah Kalibawang yang berjumlah 3 orang dan siswa Administrasi Perkantoran dengan jumlah 5 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru belum optimal dalam memahami peserta didik secara mendalam, (2) Semua guru tidak menyusun RPP sebagai landasan dan rancangan kegiatan pembelajaran, (3) Semua guru tidak melakukan variasi metode pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan, (4) Guru tidak memiliki acuan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi secara optimal, (5) Semua guru telah membantu mengembangkan potensi akademik peserta didik melalui program pengayaan. Kendala yang dihadapi guru dalam kompetensi pedagogik adalah (1) Memahami peserta didik secara mendalam: tidak ada komunikasi antara guru dan peserta didik untuk memahami kepribadian peserta didik, guru kurang perhatian terhadap peserta didik karena harus mengejar waktu untuk mengisi jam pelajaran di sekolah lain (2) Merancang pembelajaran: tidak ada tuntutan dari sekolah untuk menyusun RPP, tidak ada silabus Administrasi Perkantoran, RPP dikatakan hanya sabagai formalitas karena dalam pelaksanaan pembelajaran tidak bisa mengikuti acuan RPP, (3) Melaksanakan pembelajaran: guru malas menggunakan dan mengatur LCD dalam kegiatan pembelajaran, (4) Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran: tidak ada silabus dan RPP untuk merancang dan melaksanakan penilaian secara berkesinambungan. Tidak ada tuntutan untuk merancang penilaian, perancangan penilaian hanya sebagai formalitas Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Administrasi Perkantoran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56200

Actions (login required)

View Item View Item