PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA SUKOHARJO

Mayasari, M (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA SUKOHARJO. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
82. SKRIPSI_MAYASARI_13802241003_P.ADP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo, (2) metode mengajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo, dan (3) motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian telah diuji coba pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 di SMK PGRI Sukoharjo dengan jumlah responden 31 siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan jumlah responden 86 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai r_xly sebesar 0,609; 〖r^2〗_xly sebesar 0,371; harga t_hitung > t_tabel yaitu 7,035 > 1,663 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 37,1 %. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai r_x2y sebesar 0,247; 〖r^2〗_x2y sebesar 0,061; harga t_hitung > t_tabel yaitu 2,335 > 1,663 pada taraf signifikansi 0,05. Metode mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 6,1 %. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai R_(y(1,2)) sebesar 0,676; 〖R^2〗_(y(1,2)) sebesar 0,457; harga F_hitung > F_tabel yaitu 34,946 > 3,11 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi Belajar dan metode mengajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 45,7%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Mengajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56187

Actions (login required)

View Item View Item