PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR OTOMATISASI PERKANTORAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sukma Dian Konaah, SDK (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR OTOMATISASI PERKANTORAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
79. Skripsi_Sukma Dian Konaah_13802241069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran, (2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran, (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran yaitu sebesar 51,4% dengan rx1y= 0,717, thitung= 8,486 lebih besar dari ttabel= 1,667 pada taraf signifikasi 5%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran yaitu sebesar 33,7% dengan rx2y= 0,580, thitung= 5,875 lebih besar dari ttabel= 1,667 pada taraf signifikasi 5%, (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2016/2017 dengan RY(1,2)= 0,772, R2Y(1,2)= 0,596, Fhitung= 49,47 lebih besar dari Ftabel= 3,17 pada taraf signifikasi 5%. Sumbangan relatif Motivasi Belajar sebesar 62,24 % dan Fasilitas Belajar sebesar 37,76%. Sumbangan efektif Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar sebesar 59,60%. Kata Kunci: Motivasi belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56184

Actions (login required)

View Item View Item