PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 KLATEN

LUSI WAHYUNI, LW (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 KLATEN. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
78. Skripsi_Lusi Wahyuni_13802241058_P.ADP_FE.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (3) pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten yang berjumlah 82 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif; uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas; dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 56,3% dengan rx1y = 0,751; r2x1y = 0,563; thitung (10,158) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 57,8% dengan rx2y = 0,760; r2x2y = 0,578; thitung (10,463) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 59,9% dengan Ry(1,2) = 0,774; R2y(1,2) = 0,599; nilai Fhitung (59,031) > Ftabel (3,960) pada taraf signifikansi 5%; dan sumbangan efektif sebesar 59,9%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master, Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56183

Actions (login required)

View Item View Item