PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL UNY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Arin Nafi Syakdiyah, ANS (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL UNY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
75. Skripsi_Arin Nafi Syakdiyah_13802241022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL UNY Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 56,25% (54 responden); 2) keterampilan menutup pelajaran masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 51,04% (49 responden); 3) keterampilan menjelaskan masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 53,12% (51 responden); 4) keterampilan bertanya masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 52,08% (50 responden); 5) keterampilan memberikan penguatan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 51,04% (49 responden); 6) keterampilan mengadakan variasi masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 52,08% (50 responden); 7) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil masuk dalam kategori kurang baik 50,00% (48 responden); 8) keterampilan mengelola kelas masuk dalam kategori kurang baik dengan presentase sebesar 54,17% (52 responden); 9) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 53,12% (51 responden). Kata kunci: Persepsi, Keterampilan Mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56180

Actions (login required)

View Item View Item