LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Naafi’ Al-haq Apriliano, Naafi’ Al-haq Apriliano (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu plt Naafi' Al-haq Apriliano 14406241026 (Pe.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Lapangan Terbimbing(PLT) merupakan mata kuliah wajib tempuh dalam jenjang S-1 kependidikan sebagai implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching .Praktek Lapangan Terbimbing(PLT) telah dilaksanakan selama dua bulan sejak 15 September – 15 November 2017. Tujuan Praktek Lapangan Terbimbing(PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. SMA Negeri 7 Purworejo yang beralamatkan di Jl. Ki Mangunsarkoro no.1, Purworejo, Jawa Tengah merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PLT UNY pada tahun 2017 ini. Dalam kegiatan PLT di SMAN 7 Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas setiap hari Senin jam ke-2 sampai jam ke -5, Selasa jam ke-6 sampai jam ke-8, dan Rabu jam ke-1 sampai jam ke-4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi pendidikan Sejarah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 September sampai dengan tanggal 15 November 2017 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 47 jam pelajaran. Praktek Lapangan Terbimbing(PLT) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 13 kali pertemuan. Saran untuk keberhasilan PLT dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan sehingga diantara ketiga pihak tersebut tidak terjadi perbedaan persepsi tentang kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 7 Purworejo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56172

Actions (login required)

View Item View Item