LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Azzah Fadhiilah Yuniar, Azzah Fadhiilah Yuniar (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
azzah fadhiilah yuniar, (Pendidikan Bahasa Perancis).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar karena terdapat banyak Universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas pencetak calon pendidik bangsa memiliki tugas untuk mencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional dalam dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik teori, praktik, maupun kuliah lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu kuliah praktik yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang mana merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktik dalam dunia pendidikan. Sebelum mengikuti PLT, mahasiswa mengikuti mata kuliah micro teaching atau pengajaran mikri sebagai awal pembelajaran untuk praktik PLT. SMA Negeri 7 Purworejo yang beralamatkan di Jalan Ki Mangunsarkoro 1 Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dijadikan lokasi PLT UNY pada tahun 2017. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Bahasa Prancis dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 13 jam pelajaran. Penyusun sendiri mengampu 4 kelas, yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X Bahasa dan XI Bahasa. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 20 kali pertemuan terdiri dari 16 kali pertemuan untuk pemberian materi dan 4 kali pertemuan untuk evaluasi. Secara keseluruhan, program kerja PLT terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Diawali dari persiapan PLT berupa konsultasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PLT terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penyusun untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 7 Purworejo, kuliah lapangan, praktik lapangan terbimbing,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56170

Actions (login required)

View Item View Item