PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GATOT TIWUL YU TUM DI GUNUNGKIDUL

Aprilia Putri, Putri Prastant (2018) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GATOT TIWUL YU TUM DI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Karakteristik konsumen pada produk Gatot dan Tiwul. (2) Preferensi konsumen terhadap produk Gatot dan Tiwul Yu Tum. (3) Alasan-alasan yang mendorong konsumen untuk membeli produk Gatot Tiwul Yu Tum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di industri Gatot Tiwul Yu Tum pada bulan Agustus sampai September 2017. Populasi penelitian adalah konsumen yang membeli produk gatot tiwul Yu Tum sebanyak 1200 orang. Sampel ditentukan dengan rumus Ridwan sebanyak 100 responden, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data deskriptif dengan distribusi frekuensi. Hasil uji validitas menyatakan valid dan hasil uji reliabilitas menyatakan nilai alpha hitung 0,865 dari 39 butir pertanyaan. Hasil penelitian diketahui bahwa:(1) Karakteristik konsumen Gatot Tiwul Yu Tum mayoritas berjenis kelamin perempuan, pekerjaan pegawai swasta, pendapatan 1-3 juta, dan berusia 20-40 tahun. (2) Preferensi konsumen terhadap Gatot Tiwul Yu Tum ditinjau dari karakteristik sensoris dengan nilai mean 50 termasuk dalam kategori suka. Hal ini berarti Gatot Tiwul Yu Tum memiliki warna yang menarik, aroma yang menggugah selera, rasa yang khas, tekstur yang lembut, bentuk yang menarik konsumen dan penampilan yang unik. Preferensi ditinjau dari pemasaran dengan nilai mean 43 termasuk dalam kategori suka dan sanitasi dengan nilai mean 5 termasuk dalam kategori sangat suka. Hal ini berarti bahwa Gatot Tiwul Yu Tum memiliki produk yang berkualitas baik, harga yang terjangkau, lokasi yang dekat dengan pusat kota, pelayanan yang cepat dan sanitasinya sangat baik. (3) Alasan konsumen memilih Gatot Tiwul Yu Tum secara keseluruhan, (a) konsumen menyatakan bahwa produk sudah menjadi makanan khas Gunungkidul yang tidak diragukan lagi kualitas produknya. (b) Rasa yang khas dan penampilan kemasan dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk Gatot Tiwul Yu Tum ini. Dengan banyaknya keunggulan produk seperti cita rasa yang khas, harga terjangkau kemasan menarik dan kekurangan yang dimiliki produk ini seperti produk gatot tiwul yang mudah basi dan tidak tahan lama. Harapan konsumen untuk perbaikan produk antara lain dalam bentuk, penampilan, rasa, aroma, gizi kualitas harus diperbaiki dan ditingkatkan dengan cara meningkatkan kualitas produk, membuat inovasi terhadap warna dan bentuk sehingga lebih menarik konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Gatot Tiwul, Gunungkidul
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56168

Actions (login required)

View Item View Item