PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI PEMANCINGAN 150 TIRTA SARI KABUPATEN KLATEN

Afifah, Rochima Nur (2018) PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI PEMANCINGAN 150 TIRTA SARI KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pelaksanaan strategi bauran pemasaran berdasakan produsen, yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence di Pemancingan 150 Tirta Sari. (2) mengetahui tanggapan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang telah dilaksanakan oleh Pemancingan 150 Tirta Sari. Penelitian dilakukan di Pemancingan 150 Tirta Sari. Waktu penelitian Januari – Desember 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Pemancingan 150 Tirta Sari pada bulan November 2017 sebanyak 781 orang dan pemilik pemancingan. Teknik sampel yang digunakan incidental sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 265 responden ditentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan program SPSS 17.0 for window. Hasil reliabilitas dari 30 responden menyatakan dari 35 butir pertanyaan 29 item pernyataan dinyatakan valid dengan nilai alpha cronbach 0,925. Analisis data deskriptif menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pelaksanaan strategi bauran pemasaran di Pemancingan 150 Tirta Sari menurut pemilik meliputi 7P. Produk utama yang disajikan yaitu hidangan dari ikan dan menyediakan menu pelengkap berupa sayuran. Harga yang ditawarkan lebih murah dari pemancingan lain. Tempat nyaman dan terlihat di tepi jalan. Karyawan selalu menawarkan rekomendasi menu masakan setiap kali saat konsumen datang. Karyawan berpenampilan rapi, ramah dan cepat dalam melayani. Fasilitas lengkap dan suasana nyaman. Proses pembayaran dilakukan setelah konsumen memesan menu makanan. (2) Tanggapan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran di Pemancingan 150 Tirta Sari dinyatakan sangat baik dan baik, dengan prosentase product sebesar 74%, price sebesar 63%, place sebesar 65%, promotion sebesar 74%, people sebesar 68%, physical evidence sebesar 55%, dan process sebesar 92%. Namun demikian, ada beberapa konsumen dengan tanggapan buruk dan sangat buruk yaitu product sebesar 26%, price sebesar 37%, place sebesar 35%, promotion sebesar 26%, people sebesar 32%, physical evidence sebesar 45%, dan process sebesar 8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Pemancingan 150 Tirta Sari Kabupaten Klaten
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56165

Actions (login required)

View Item View Item