PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI “KORESPONDENSI” UNTUK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 2 PACITAN

Hasti Vidia Risqianing Tyas, HVRT (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI “KORESPONDENSI” UNTUK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 2 PACITAN. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
69. SKRIPSI Hasti Vidia Risqianing Tyas.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menghasilkan LKS standar kompetensi Korespondensi bagi siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, dan (2) Untuk mengetahui kelayakan LKS standar kompetensi Korespondensi kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian pengembangan LKS Korespondensi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian dari Borg and Gall. Penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, meliputi studi pustaka dan studi lapangan; (2) pengembangan, meliputi penentuan tujuan, menentukan kualifikasi pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan, menentukan prosedur kerja, serta uji kelayakan; (3) uji lapangan, meliputi preliminary field testing, main field testing, dan operational field test. Penelitian ini melibatkan dua validator yaitu dosen ahli dan guru Korespondensi serta pada saat uji coba produk melibatkan 32 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 2 Pacitan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk validator dan lembar angket untuk siswa guna mengetahui kelayakan LKS hasil pengembangan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kelayakan LKS berdasarkan saran dan skor penilaian validator. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa : (1)Telah dihasilkan Lembar Kerja Siswa standar kompetensi Korespondensi melalui pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan tahap pengembangan, dan tahap uji lapangan, (2)Kelayakan Lembar Kerja Siswa pada aspek materi diperoleh skor 91,43% (sangat layak), aspek media 76,36% (layak). Penilaian siswa pada uji kelompok kecil diperoleh skor 70% (sangat layak), uji kelompok besar diperoleh skor 50% (layak). Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Korespondensi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56161

Actions (login required)

View Item View Item