EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN SCHEDULE BLOK PADA JURUSAN ELEKRONIKA DI SMK NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Syauqi, Firman (2018) EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN SCHEDULE BLOK PADA JURUSAN ELEKRONIKA DI SMK NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
CD.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui efektivitas penyelenggaraan pembelajaran schedule blok pada Jurusan Elektronika di SMK Negeri 1 Kota Magelang tahun ajaran 2017/2018 yang digunakan untuk menunjang pembelajaran teaching fac tory , (2) mengetahui efektivitas penyelenggaraan pembelajaran schedule blok pada Jurusan Elektronika di SMK Negeri 1 Kota Magelang tahun ajaran 2017/2018 yang digunakan untuk optimalisasi sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto . Subyek penelitian adalah semua guru pada Jurusan Elektronika dan siswa kelas X dan XI Program Keahlian Elektronika Industri. Obyek penelitian adalah sarana dan prasarana di Jurusan Elektronika. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa statistik deskritif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) efektivitas penyelenggaraan pembelajaran schedule blok pada Jurusan Elektronika pada tahun ajaran 2017/2018 yang ditinjau dari aspek sistem pembelajaran teaching factory masuk dalam kategori sangat efektif. Data presentase sebesar 79.6% menurut guru dan presentase sebesar 77.5% menurut siswa. Angka pencapaian presentase tersebut didukung dengan hasil produk dan jasa yang dihasilkan pada Jurusan Elektronika. Data tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran schedule blok dapat menunjang pembelajaran teaching factory. (2) Efektivitas penyelenggaraan pembelajaran schedule blok pada Jurusan Elektronika pada tahun ajaran 2017/2018 yang ditinjau dari aspek sarana dan prasarana masuk dalam kategori efektif dengan data presentase sebesar 75.3% menurut guru dan kategori sangat efektif dengan data presentase sebesar 79.8% menurut siswa. Angka pencapaian presentase tersebut didukung dengan hasil perhitungan waktu penggunaan peralatan utama praktek pada Jurusan Elektronika. Data tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran schedule blok dapat mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada di Jurusan Elektronika. penggunaan sarana dan prasarana yang ada di Jurusan Elektronika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Schedule blok, SMK N 1 Kota Magelang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56154

Actions (login required)

View Item View Item