PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA X TKJ SMK N 4 KLATEN

Ardianto, Danar (2018) PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA X TKJ SMK N 4 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Danar Ardianto_13520241057.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Peer Teaching pada kompetensi Instalasi Sistem Operasi kelas X TKJ 1 di SMK N 4 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subyek penelitian yaitu 33 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode observasi berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dengan 7 indikator dan juga tes hasil belajar berupa Pre dan Post test setiap siklus. Sedangkan dokumentasi mencakup semua foto yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Teaching pada mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada Siklus I, persentase rata-rata prestasi belajar siswa 14% dan pada Siklus II meningkat menjadi 44%. Di satu sisi, Siklus I keaktifan belajar dengan skor rata-rata 69%. Dan Siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa menurun menjadi 65%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi Belajar, Peer Teaching
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56152

Actions (login required)

View Item View Item