PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 PENGASIH

Nindia, Ika Putri (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full_Nindia Ika Putri_13520241042.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seperti apa modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis problem based learning bagi siswa kelas XI Multimedia si SMK N 1 Pengasih, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis problem based learning bagi siswa kelas XI Multimedia di SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Four-D (4D) meliputi (1) define (pendefinisian), (2) design (perencanaan), (3) develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi tahap disseminate atau penyebarluasan tidak dilakukan karena penelitian hanya dilakukan pada lingkup satu sekolah saja. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen ahli media, satu dosen dan satu guru mata pelajaran sebagai ahli materi, serta siswa kelas XI Multimedia SMK N 1 Pengasih. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah modul pembelajaran pemrograman dasar. Instrumen yang digunakan dalam menilai kelayakan modul berbentuk kuesioner atau angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan : (1) produk berupa modul cetak pemrograman dasar bagi siswa kelas XI Multimedia di SMK N 1 Pengasih. Modul berisi empat bab pembelajaran pemrograman dasar yang dituliskan, yaitu: operasi aritmatika dan logika, array, operasi string dan konversi data, serta pointer. Bagian pada tiap bab modul di lengkapi dengan latihan yang berisi soal dan langkah pemecahannya dengan program, tugas praktik yang berisi soal-soal yang disajikan dengan menerapkan langkah-langkah problem based learning, rangkuman, serta evaluasi bab yang terdiri dari soal-soal untuk menguji kemampuan penguasaan materi siswa. Modul dilengkapi juga dengan petunjuk penggunaan, kunci jawaban, indeks, dan glossary. (2) penelitian pengembangan ini menghasilkan tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dinilai berdasarkan ahli materi, ahli media, dan respon siswa yang memperoleh nilai yang masuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti modul pembelajaran ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di SMK N 1 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran , pemrograman dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56151

Actions (login required)

View Item View Item