PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

SRI SUJATI, SS (2017) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
64. Skripsi_Sri Sujati_13802241011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (2) Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dan (3) Metode Mengajar dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan rx1y= 0,531, r2x1y= 0,282, nilai thitung (3,966)> ttabel (2,021), (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan rx2y= 0,500, r2x2y= 0,250, nilai thitung (3,653)> ttabel (2,021), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Mengajar dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan Ry(1,2)= 0,635, R2y(1,2) = 0,404, nilai Fhitung (13,023)> Ftabel (3,23). Kata kunci: Metode Mengajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56144

Actions (login required)

View Item View Item