EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

BUDI EKOWATI, BE (2017) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
63. SKRIPSI_BUDI EKOWATI_13802244005_PEND.ADMINISTRASI PERKANTORAN_FE.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan responden siswa kelas X dan XI sebanyak 96 sebagai sampel dari populasi 127 siswa, 4 guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran, dan 3 pengelola laboratorium Administrasi Perkantoran yang terdiri dari Kepala Laboratorium dan 2 teknisi laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,4%. Efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta dilihat dari (1) indikator input masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 80,6%. Indikator input terdiri dari (a) pengguna laboratorium masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 78,9%, dan (b) fasilitas laboratorium masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 82,3%. Dilihat dari (2) indikator proses efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 7 Yogyakarta masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 71,2%. Indikator proses terdiri dari (a) prosedur penggunaan sarana laboratorium masuk dalam kateogori sangat efektif dengan perolehan persentase sebesar 86,8%, (b) alokasi waktu masuk dalam kategori efektif dengan perolehan persentase sebesar 70,4%, dan (c) used factor laboratorium masuk dalam kategori cukup efektif dengan perolehan persentase sebesar 56,3%. Dilihat dari (3) indikator output termasuk dalam kategori sangat efektif dengan perolehan persentase sebesar 89,3%. Indikator output yaitu pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran sebagai sarana dan sumber belajar siswa termasuk dalam kategori sangat efektif dengan persentase sebesar 89,3%. Kata Kunci: Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Administrasi Perkantoran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56143

Actions (login required)

View Item View Item