PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN PEMAHAMAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Putri Rorisa, PR (2017) PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN PEMAHAMAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
57. SKRIPSI_PUTRI RORISA_13802241037.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh pengalaman PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, 2) besarnya pengaruh pemahaman informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, 3) besarnya pengaruh pengalaman PPL dan pemahaman informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, dengan pendekatan kuantitaif. Subyek penelitian ini yaitu 79 mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY angkatan tahun 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 FE UNY, terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengalaman PPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 14,6% dengan nilai Sig. sebesar 0,001 < 0,05 ; (2) pemahaman informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 39,8% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 ; (3) pengalaman PPL dan pemahaman informasi dunia kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 42,6% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: pengalaman PPL, pemahaman informasi dunia kerja, minat menjadi guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56137

Actions (login required)

View Item View Item