PENGARUH ASPIRASI DAN KEYAKINAN AKAN KEMAMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ria Septiani, RS (2017) PENGARUH ASPIRASI DAN KEYAKINAN AKAN KEMAMPUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
53.SKRIPSI_RIA SEPTIANI_124022411003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten; (2) keyakinan akan kemampuan diri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten; (3) aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten yang berjumlah 106 siswa. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 38 siswa kelas XI SMK Negeri Jogonalan. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas; (3) uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r_x1y sebesar 0,347, 〖r²〗_x1y sebesar 0,120, signifikansi sebesar 0,000, pada taraf signifikansi 5% dengan N=106 dan aspirasi berada pada kategori rendah sebesar 41,51% serta memberikan sumbangan efektif 9,18%; (2) keyakinan akan kemampuan diri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r_x1y sebesar 0,235, 〖r²〗_x2y sebesar 0,055, signifikansi sebesar 0,015, pada taraf signifikansi 5% dengan N=106 dan keyakinan akan kemampuan diri berada pada kategori rendah sebesar 45,28% serta memberikan sumbangan efektif 5,52%; (3) aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan R sebesar 0,381, R^2 sebesar 0,145, nilai signifikansi sebesar 0,000, pada taraf signifikansi 5%, N=106 dan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 37,7%, serta memberikan sumbangan efektif aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama sebesar 14,70%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Aspirasi, Keyakinan akan Kemampuan Diri
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56133

Actions (login required)

View Item View Item