PENGARUH ASPIRASI SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Bondan Hermadi, BH (2017) PENGARUH ASPIRASI SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
52.Skripsi_Bondan Hermadi_12402241002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh aspirasi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, 2) mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dan 3) mengetahui besarnya pengaruh aspirasi siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional ex post facto dengan populasi 33 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 31 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat Analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi dua prediktor. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aspirasi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan r_(x_1 y) = 0,535, 〖r^2〗_(x_1 y) = 0,286, t_hitung = 3,524, dan t_tabel = 1,697 pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan r_(x_1 y) = 0,529, 〖r^2〗_(x_2 y) = 0,280, t_hitung = 3,468, dan t_tabel = 1,697 pada taraf signifikansi 5%, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aspirasi siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan R_(y_((1,2)) ) = 0,603, 〖R^2〗_(y_((1,2)) ) = 0,364, F_hitung = 8,592, dan F_tabel = 3,32 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif aspirasi siswa sebesar 17,94% dan penggunaan media pembelajaran sebesar 18,46%, sedangkan 63,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aspirasi Siswa, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56131

Actions (login required)

View Item View Item