LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

M. Haris Wijaya, M. Haris Wijaya (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518244007_M. Haris Wijaya_Laporan PLT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PLT merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dengan bobot 3 SKS. Visi dari PLT adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PLT adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. PLT dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Pramuka No. 62 Giwangan Yogyakarta. Pelaksanaan PLT selama kurang lebih 2(dua) bulan dimulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPLT melalui DPL PLT masing-masingKegiatan selama PLT dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Administrasi Guru, Persiapan Modul ajar, job sheet, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Yang terakhir adalah evaluasi pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Program-praogram tersebut merupakan salah satu tugas sebagai seorang guru di sekolah. Dari sini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan secara langsung bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas, harapannya mahasiswa dapat melihat potensi yang dimiliki sebagai tolak ukur nantinya. Tidak hanya terjun langsung ke hadapan siswa, tetapi bagaimana cara memanajemen waktu, bersosialisasi dengan guru pembimbing dan guru lainnya, mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan hal-hal terkait di dalam kehidupan sekolah. Kegiatan PLT ini sangat bermanfaat dan membantu siswa dalam pengembangan bakat menjadi seorang jiwa pendidik dan harapanya pihak penyenggara yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dapat mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, supaya kegiatan PLT dimasa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi semua pihak sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mahasiswa, Laporan PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2018 05:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56125

Actions (login required)

View Item View Item