LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Esti, Esti (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13503244018_Esti.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PLT UNY 2017 adalah Praktik Penga Lapangan Terbimbing dimana Penyelenggaraan PLT ini guna menyiapkan tenaga pendidik yang cakap dalam kompetensi baik pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. PLT adalah serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi mahasiswa LPTK, yang meliputi baik latihan mengajar maupun latihan di luar mengajar. Kegiatan ini merupakan ajang untuk membentuk dan membina kompetensi-kompetensi profesional yang disyaratkan oleh pekerjaan guru atau lembaga kependidikan lainnya.. Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas, mandiri, terampil, dan menjadi penerus bangsa untuk masa yang akan datang. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa S1 yang mengambil program studi kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PLT UNY 2017 adalah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, yang beralamat di Jln. Pramuka No. 62 Giwangan Umbul Harjo Yogyakarta. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PLT, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan guna mengampu mata pelajaran Auto Cad. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 6 jam per minggu untuk tiap kelasnya. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Selain itu, banyak tugas selain mengajar yang harus dilaksanakan oleh seorang guru. Penulis menghimbau SMK M 3 Yogyakarta untuk selalu memperbarui dan menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk selalu meningkatkan kualitas bimbingannya sehingga setelah melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang cakap dalam kompetensi baik pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Auto Cad, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2018 04:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56118

Actions (login required)

View Item View Item