RELEVANSI STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Agnes Lutvita Sari, ALS (2017) RELEVANSI STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN DENGAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
48.Skripsi_Agnes Lutvita Sari_13802241012.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi Standar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan sebanyak 34 orang dan seluruh instruktur/pembimbing prakerin di DU/DI sebanyak 9 orang dari 9 DU/DI. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan cukup relevan dengan pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin). Hal ini ditunjukkan pada jumlah siswa menjawab paling banyak masuk dalam kategori cukup relevan yaitu sebanyak 12 siswa (35,29%) dari jumlah responden 34 siswa dan jumlah pembimbing/instruktur menjawab paling banyak masuk dalam kategori cukup relevan yaitu sebanyak 4 pembimbing/instruktur (44,44%) dari jumlah responden 9 pembimbing/instruktur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sekolah sebaiknya menyusun silabus prakerin bersama DU/DI agar terdapat pedoman yang jelas antara pihak sekolah dan pihak DU/DI dalam pelaksanaan prakerin dan sekolah dapat mengikuti perubahan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan DU/DI, DU/DI tempat prakerin lebih disesuaikan dengan tugas pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian, dan komunikasi tentang konsep PSG perlu ditingkatkan untuk menyamakan persepsi antara sekolah dengan DU/DI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Standar Kompetensi, Praktik Kerja Industri
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56094

Actions (login required)

View Item View Item