PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Nur Arifah Margiyanti, NAM (2017) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
46.SKRIPSI-12402241037-NUR ARIFAH M-P.ADP'12.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran.; (2) mengetahui kelayakan modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian ini merupakan Modul dengan pendekatan kontekstual untuk mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), meliputi: (1) tahap analisis; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; (4) tahap implementasi; dan (5) tahap evaluasi. Validasi ahli materi dilakukan oleh guru dan validasi ahli media dilakukan oleh dosen untuk mendapat masukan saran mengenai kelayakan produk dari segi materi maupun media. Sedangkan uji coba dilakukan dengan metode angket kepada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Klaten sejumlah 38 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif dengan skor rata-rata pada skala lima (skala Likert) terhadap skala penilaian yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan pendekatan kontekstual ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil penilaian kelayakan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan dari ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,61 dengan persentase 92,5% (sangat layak). Hasil penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,46 dengan persentase 89,5% (sangat layak). Hasil penilaian guru mata pelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 4,72 dengan persentase 94% (sangat layak). Hasil penilaian uji coba siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 4,33 dengan persentase 86,5 % (sangat layak). Dengan demikian, modul Administrasi Humas dan Keprotokolan untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK yang telah dikembangan dianggap sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; modul pembelajaran; Administrasi Humas dan Keprotokolan; SMK
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56091

Actions (login required)

View Item View Item