PELAKSANAAN KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA

Indah Gusrima, IG (2017) PELAKSANAAN KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BOPKRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
45.SKRIPSI_INDAH GUSRIMA_12402249002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi edukatif dalam proses belajar mengajar di Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua kompetensi keahlian administrasi perkantoran, dua guru kompetensi keahlian administrasi perkantoran dan tiga peserta didik kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Penelitian dengan menggunakan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi edukatif dalam proses belajar mengajar di kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK BOPKRI 1 Yogyakarta terdiri dari: 1) Membuka pelajaran dengan berdoa bersama, mengisi angenda mengajar, mengabsen peserta didik, mengingatkan kembali materi sebelumnya dan menanyakan tugas. 2) Menayajikan materi yaitu membuat, merangkum. 3)Menggunakan metode pengajaran ceramah, tanya jawab. 4) Menggunakan bahasa Indonesia yang diselingi bahasa jaw. 5) Menggunakan waktu kegiatan awal 10 menit, membahas materi 65 menit, dan kegiatan penutup 15 menit. 6) mengelilingi dan mendekati peserta didik satu persatu. 7) Membawa gambar alat kantor yang belum pernah diketahui peserta didik. 8) Teknik bertanya dilakukan mengajukan pertanyaan kepada guru. 9) Mengontrol peserta didik, mengendalikan kelas.10) Menggunakan media yaitu proyektor, papan tulis, power point, spidol dan buku. 11) Mengevaluasi dengan menilai sikap peserta didik, mengambil rata-rata nilai ujian. 12) Menutup pelajaran yaitu menyimpulkan materi dan memberi gambaran tema materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi edukatif, proses belajar mengajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:15
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56088

Actions (login required)

View Item View Item