PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SMK N 1 DEPOK SLEMAN

Suci Hidayati Boru Siahaan, SHBS (2017) PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SMK N 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
41.Skripsi _ Suci H Boru Siahaan_12402241056.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan; (2) metode mengajar guru terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan di SMK N 1 Depok; dan (3) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta angkatan 2016/2017 yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa SMK Negeri 7 Kota Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 26,6% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,266; (2) metode mengajar guru terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 37,6% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,376; dan (3) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 42,8% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi r2y(1,2) sebesar 0,428.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan laboratorium, metode mengajar, minat belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56084

Actions (login required)

View Item View Item