PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STENOGRAFI BERBENTUK KOMIK PADA MATA PELAJARAN STENOGRAFI BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMK KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PANCASILA 2 KUTOARJO

Manik Sinatra Murti, MSM (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STENOGRAFI BERBENTUK KOMIK PADA MATA PELAJARAN STENOGRAFI BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMK KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PANCASILA 2 KUTOARJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
40.SKRIPSI_Manik Sinatra Murti_10402244005.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui prosedur atau langkah pengembangan media pembelajaran stenografi berbentuk komik pada mata pelajaran stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) mengetahui kelayakan komik stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berdasarkan penilaian/ validasi ahli materi, dan ahli media; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan komik stenografi bahasa Inggris untuk siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam pembelajaran stenografi bahasa Inggris untuk siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Pancasila 2 tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini ahli media, ahli materi, dan 34 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2015/2016 di SMK Pancasila 2 Kutoarjo.Yang mana 4 siswa untuk uji coba terbatas,dan 30 siswa untuk uji coba lapangan utama. Penelitian pengembangan yang diterapkan terdiri atas beberapa tahapan yaitu; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk 1, uji coba lapangan utama, Revisi Produk 2, dan produksi massal. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan wawancara, data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis dengan tekhik analisis kuantitatif menggunakan frekuensi, dan data yang diperoleh secara wawancara dianalisis dengan tekhik analisis kualitatif. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media pembelajaran berbentuk komik pada stenografi bahasa Inggris sebagai media pembelajaran menggunakan acuan Sugiono (2008: 289) yang sudah dimodifikasi, yaitu; Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk 1, Uji coba lapangan utama , Revisi Produk 2, dan Produksi massal; (2) Berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran adalah sebesar 143 (81%), sedangkan total skor uji kelayakan menurut ahli materi adalah sebesar 148 (89,69%) dan; (3) tanggapan siswa terhadap komik stenografi bahasa Inggris sebagai media pembelajaran cukup baik sesuai dengan hasil uji responden siswa pada uji coba terbatas pada 4 siswa adalah sebesar 294 (76%) dan uji coba lapangan pada 30 siswa untuk semua aspek sebesar 2.508 (87%). Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran berbentuk komik stenografi bahasa Inggris untuk kelas XII SMK Administrasi perkantoran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, komik, stenografi bahasa Inggris
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:33
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56083

Actions (login required)

View Item View Item