PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYELESAIAN DESAIN BUSANA SECARA KERING KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 4 SURAKART

Haniatur, Rosyidah (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYELESAIAN DESAIN BUSANA SECARA KERING KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 4 SURAKART. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF_HANIATUR ROSYIDAH OK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering untuk kelas XI SMK N 4 Surakarta ; 2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering untuk kelas XI SMK N 4 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitian ini tidak melakukannya sampai pada tahap disseminate dan hanya dibatasi sampai pada tahap develop. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa. Pada uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk dengan hasil rerata aspek media adalah 0,793, rerata aspek materi adalah 0,772 dan rerata aspek fungsi adalah 0,788. Hasil nilai>0,632 sehingga instrumen dinyatakan valid. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,956 dalam kategori sangat reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan berupa: 1. Pengembangan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: a. Tahap Define meliputi analisis awal, analisis kurikulum, analisis karakteristik, analisis materi dan merumuskan tujuan; b. Tahap Design meliputi pra produksi mulai dari pembuatan flowchart dan storyboard, produksi media sampai kegiatan akhir yaitu mixing, editing dan finalisasi; c. Tahap Develop meliputi : 1) Expert appraisal adalah validasi ahli dan revisi. Hasil validasi ahli materi dengan nilai 54 dalam kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media dengan nilai 93,5 dalam kategori sangat layak. 2) Develomental testing uji coba skala kecil dengan nilai 89,9 dalam kategori sangat layak. Uji coba skala besar dengan nilai 86,3 dalam kategori sangat layak. 2. Kelayakan multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering berdasarkan hasil validasi para ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dalam kategori sangat layak sehingga multimedia interaktif penyelesaian desain busana secara kering dapat digunakan dalam pembelajaran desain busana di SMK N 4 Surakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia interaktif, penyelesaian kering
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56078

Actions (login required)

View Item View Item