SITUS SEJARAH PLERET DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI SMP N 2 PLERET BANTUL GUNA PENINGKATAN KARAKTER SISWA

Prasstya, Riko (2018) SITUS SEJARAH PLERET DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI SMP N 2 PLERET BANTUL GUNA PENINGKATAN KARAKTER SISWA. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
RIKO PRASSTYA 13207244012 skripsi full.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam pembelajaran batik terkait situs sejarah kerajaan mataram Islam Pleret di SMP Negeri 2 Pleret Bantul guna peningkatan karakter siswa ditinjau dari persiapan, proses, dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat bantu alat tulis, perekam dan kamera. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) persiapan pembelajaran keterampilan batik dimulai dengan: pertama, persiapan silabus disususn oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) batik Kabupaten Bantul. Kedua, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dengan proses pembuatan RPP oleh guru mata pelajaran muatan lokal batik di SMP Negeri 2 Pleret. Ketiga, penyiapan alat dan bahan ajar. Guru mata pelajaran batik bersama siswa menyiapkan kompor, memanaskan malam (lilin) dan menyiapkan kain terlebih dahulu alokasi waktu mata pelajaran keterampilan batik dua jam mata pelajaran (2 X 40 menit). (2) kegiatan proses pembelajaran muatan lokal batik dilakukan di SMP Negeri 2 Pleret diawali pendahuluan meliputi motivasi dan apresiasi, kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, kemudian penutup. Proses pembelajaran meliputi membuat batik tulis semi klasik dengan motif terinspirasi dari cagar budaya situs pleret untuk menanamkan nilai-nilai cinta budaya lokal khususnya situs sejarah kerajaan mataram Islam Pleret. (3) Evaluasi diberikan ketika siswa dalam kegiatan pembelajaran dari pembuatan karya, tugas pekerjaan rumah dan tes tertulis yang diajukan pada saat ujian akhir semester. Kelebihan pembelajaran batik dengan situs sejarah pleret di SMP Negeri 2 Pleret yaitu adanya situs sejarah pleret sebagai ciri khas wilayah, pembelajaran yang komunikatif dan aktif sebagai pengembangan karakter cinta budaya lokal. Kata kunci : Pembelajaran, Batik, Situs Pleret

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 08 Mar 2018 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56071

Actions (login required)

View Item View Item