LAPORAN PRAKTEK PENGAMALAN LAPANGAN (PPL)

Theophile Niyonsaba, Theophile Niyonsaba (2017) LAPORAN PRAKTEK PENGAMALAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_INDIVIDU_PLT_Theophile Niyonsaba_Pendidikan Biologi 2014_FMIPA UNY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademiknya di lapangan. Selanjutnya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan dimana dia ditempatkan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional dan berjiwa. Kegiatan PLT di SMAN 1 Yogyakarta ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 yogyakarta yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No.10, Pakuncen, Wirabrojan, Yogyakarta dilakasnakan selama 2 bulan. Praktik tersebut dilaksanakan mulai pada tanggal 14 September 2017 sampai dengan 23 November 2017. Tujuan utama dari PPL itu sendiri adalah terutama sebagai berikut: 1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa calon guru masa mendatang dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. 2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, menhintegrasi, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. 3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, atau dimana adanya lembaga pendidikan. Dalam pelaksanaan PLT yang bertempat di SMAN1 Yogyakarta, para praktikan mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi mengenai karakter peserta didik yang dilaksanakan terlebih dahulu dan kegiatan pembelajaran, kurikurum yang digunakan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pembuatan media yang sesuai sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar setiap mahasiswa diwajibkan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta media pembelajaran berupa power point (jika ada proyektor) atau media lain sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada peserta didik. Setelah dilakukan persiapan kemudian kegiatan PLT ini dilaksanakan, mulai dari tanggal 14 September 2017 hingga 23 November 2017 sesuai kalender pendidikan Sekolah di DIY/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain kegiatan praktek belajar-mengajar, melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui karaketr siswa dan siswi di lingkungkan sekolah dan bagaimana menjadi guru dan pendidik yang baik terhadap muridnya. Melalui kegiatan PPL ini juga dapat memberikan bekal kepada praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT 2017, SMA Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2018 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56064

Actions (login required)

View Item View Item